Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Mudah Bikin Peralatan Makan Sehat dan Tahan Lama

0 2

Tips Mudah Bikin Peralatan Makan Sehat dan Tahan Lama – Apa sih, yang diwariskan oleh ibu Anda dan berhubungan dengan rumah? Biasanya semua ibu akan mewariskan peralatan makan dan masak. Dan enaknya, Anda jadi tak perlu lagi menambah koleksi piring—kecuali jika memang sudah rusak atau kurang menyukai bentuknya.

Tips Mudah Bikin Peralatan Makan Sehat dan Tahan Lama

Tapi dengan begini bukan berarti peralatan makan boleh luput dari perhatian Anda. Agar Anda tetap dapat menggunakannya hingga dalam jangka waktu yang lama, inilah yang harus diperhatikan.

Peralatan Makan ,Tidak semuanya cocok untuk microwave

Perhatikan label di balik piring atau mangkuk Anda. Jika memang ada piring yang tidak punya label aman untuk microwave sebaiknya jangan menggunakan piring tersebut untuk memanaskan makanan—meski hanya 10 detik.

Udara panas yang dipancarkan microwave berisiko membuat piring cepat retak dan rusak. Selain itu—walau kadang aman digunakan untuk microwave—sebaiknya hindari memanaskan makanan menggunakan kotak makan jika tak ingin kotak makan tersebut rusak atau meleleh.

Perhatikan saat meletakkan Peralatan Makan di dishwasher

Untuk menghemat tenaga dan waktu Anda, menggunakan mesin pencuci piring memang sah-sah saja, tapi perhatikan posisinya saat meletakkannya jika Anda akan mencucinya.

Piring makan, kotak makan, dan mangkuk Makan, sebaiknya diletakkan di rak paling atas. Sementara rak bawah adalah tempat peralatan memasak seperti wajan atau panci. Pasalnya semakin ke bawah, akan semakin terasa panas.

Jika piring diletakkan di bagian bawah, kemungkinan akan cepat rusak dan retak permukaannya.

Gunakan spons yang halus pada Peralatan Makan

Jangan menggunakan bagian spons cuci piring yang berwarna hijau dan kasar untuk mencuci piring dan peralatan memasak yang berbahan dasar kayu.

Serat yang kasar akan meninggalkan goresan di peralatan makan Anda dan di goresan inilah akan timbul bakteri atau kuman—karena lubang bekas goresan biasanya lembap.

Gunakan spons yang halus untuk mencuci piring Anda. Spons yang kasar sebaiknya hanya digunakan untuk mencuci bagian belakang wajan.

Pastikan Permukaan Peralatan Makan Sehat dan Bersih

Akibat terburu-buru Anda cenderung mencuci dengan asal-asalan tanpa memerhatikan lagi apakah sisa minyak makanan dan aromanya sudah menghilang dari peralatan makan Anda.

Cek kembali keadaan piring setelah Anda cuci. Usap permukaannya dengan tangan dan pastikan tak ada sisa makanan atau minyak yang menempel. Pasalnya sisa makanan akan menimbulkan bakteri di piring Anda.

Baca Juga : Pabrik / Suplier Produk Peralatan Makan di Indonesia

Gunakan olive oil sebelum mengepak makanan

Saat Anda berencana membawa bekal berupa nasi goreng, pasta, atau makanan berkuah, oleskan olive oil secara merata—tipis saja—ke seluruh permukaan kotak makan Anda.

Hal ini untuk mencegah lemak dari makanan menempel dan meninggalkan noda berwarna kuning atau oranye di kotak makan Anda.

Jangan Lupa Baca Juga : Resep Makan Sehat Tumis Jamur Tiram

Pisahkan cangkir dan gelas

Hanya gunakan cangkir atau gelas tertentu untuk menikmati kopi dan teh. Cangkir yang digunakan untuk kopi cenderung meninggalkan noda—meski bisa dibersihkan.

Jadi sebaiknya hanya gunakan cangkir favorit sebagai tempat ngopi. Sebaliknya, gunakan gelas hanya untuk mengonsumsi air putih saja.

Foto: mormonwoman.org Ref : Rina Susanto rumahcom

Sekian sharing Tips Mudah Bikin Peralatan Makan Sehat dan Tahan Lama , Semoga Bermanfaat buat Keluarga Tercinta 🙂

Glori Dinnerware – Eat Healthy
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Leave A Reply

Your email address will not be published.