Take a fresh look at your lifestyle.

Peralatan Makan yang Wajib Dimiliki Usaha Katering

0 1

Peralatan Makan yang Wajib Dimiliki Usaha Katering – Alat makan untuk usaha katering bisa dibilang sebagai peralatan wajib yang harus ada, karena tanpa alat ini usaha katering bisa dipastikan akan mengalami banyak kendala atau bahkan tidak bisa jalan.

Peralatan Makan Usaha Katering

Memang dalam merintis usaha katerik akan membutuhkan banyak peralatan, mulai dari peralatan memasak, perlatan penyajian makanan, berbagai alat makan, peralatan transportasi, dan juga peralatan untuk tata usaha lainnya. Berbagai peralatan ini bisa didapatkan dengan membeli, menyewa, atau dengan memanfaatkan berbagai peralatan dapur yang ada di rumah.

Dari sekian banyak jenis peralatan yang digunakan untuk menjalankan usaha katering, alat makan sendiri juga memiliki banyak macamnya. Mulai dari berbagai jenis piring, aneka sendok, mangkok, gelas, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya berikut ini kami sajikan berbagai alat makan dan alat penyaji makanan beserta fungsinya.

Baca Juga : Tips Mudah Bikin Peralatan Makan Sehat dan Tahan Lama

Piring Makan

piring-makan-melamin-gloriPiring Makan adalah salah satu alat makan yang digunakan untuk menyajikan makanan utama maupun pendamping. Piring bisa terbuat dari bahan melamine,kaca, rotan, porselen, plastik, maupun logam seperti kuningan atau stainless stell. Namun dari sekian banyak bahan piring yang ada, sebagian besar pengusaha katering menggunakan piring yang terbuat dari keramik, porselin dan kaca.

Selain dapat dibedakan berdasar bahan baku pembuatannya, piring juga bisa dibedakan berdasar bentuk dan ukurannya. Perbedaan bentuk dan ukuran ini tentu juga memiliki perbedaan fungsi, misalnya piring untuk makan, piring kecil untuk tatakan cangkir, atau piring yang digunakan untuk menata lauk.

Mangkok Makan

mangkok-makan-melamin-gloriSelain piring dalam usaha katering juga dibutuhkan mangkuk, yakni sebuah wadah makanan seperti halnya piring namun berbentuk lebih cekung dengan kedalaman tertentu sehingga sangat cocok untuk menyajikan berbagai makanan yang berkuah seperti sayur sop maupun es buah.

Ada beraneka macam mangkuk yang bisa digunakan untuk usaha katering, mulai dari mangkuk yang terbuat dari porselin, kaca bening, ataupun bahan-bahan alternatif seperti kayu atau logam seperti alumunium maupun stainless stell. Berbagai variasi bentuk, warna dan motif mangkuk diproduksi untuk memberi keleluasaan orang untuk penggunaannya.

Tempat Sambel / Saus / Kecap dll

tempat-sambelpiring-sambel-sekat-merahTempat Saos /Sambel /Kecap merupakan alat penyaji makanan yang berbentuk seperti mangkuk namun digunakan untuk mewadahi saus, kecap dan juga sambal sebagai pelengkap hidangan. Alat makan ini banyak digunakan oleh pengusaha katering saat menyajikan hidangannya dengan cara prasmanan.

Sendok Makan

sendok-makan-melamin-gloriSendok dan garpu bisa dibilang sebagai sepasang alat makan yang tidak boleh terlewatkan saat berbelanja peralatan usaha katering. Ada banyak bentuk dan fungsi dari sendok dan garpu ini, mulai dari yang berukuran kecil, sedang dan juga besar. Masing-masing sendok juga memiliki fungsi yang berbeda, ada sendok yang khusus digunakan untuk makan nasi, makan sup, makan es krim, dan lainnya

Alat Minum Gelas

alat-minum-gelas-melamin-gloriMerupakan alat minum yang juga harus dimiliki oleh mereka yang mendirikan usaha katering. Ada banyak ukuran, bentuk dan motif gelas. Selain itu bahan untuk membuat gelas juga bermacam-macam, penggunaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Peralatan Minum Cangkir

alat-minum-cangkirAlat ini banyak digunakan untuk menyajikan berbagai minuman seperti kopi, teh panas, cokelat ataupun susu. Cangkir dalam usaha katering banyak dipakai saat berbagai makanan dan minuman disajikan dengan prasmanan.

Nampan /Baki

Nampan MakanNampan / Baki merupakan alat penyaji makanan ataupun minuman dalam bentuk plat yang terbuat dari bahan melamin atau yang lainnya. Ada berbagai bentuk dan ukuran baki, untuk pemakaian dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Asbak / Tempat Abu Rokok

asbak-roko-melamin-gloriMeski bukan perlatan yang wajib dimiliki dalam usaha katering, namun asbak juga perlu dimiliki untuk persediaan apabila pemilik acara menginginkan adanya asbak.

Mau memiliki Usaha Katering Hemat Biaya ? Mungkin referensi Peralatan Makan dari Glori Melamine bisa menjadi pertimbangan buat anda, selain produknya berkualitas, kami memberikan harga grosir. Namun anda juga dapat memesan produk melamin Glori dengan kustom sesuai kebutuhan bisnis, hubungi kustomer servis kami untuk info detail dan pemesanan.

Baca Juga : 7 Kiat Sukses Merintis Usaha Katering Pernikahan

Sekian dulu share kali ini, Semoga Peralatan Makan Usaha Katering ini menjadi referensi baru dalam memulai usaha katering.

Update : 26/10/2016

Save

Save

Save

Save

Save

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Leave A Reply

Your email address will not be published.