Take a fresh look at your lifestyle.

Himbauan BPOM Jangan mudah tergiur Produk Melamin Murah

0 3

Pilih Produk Melamin yang Food Grade
Sulit membedakan produk melamin food grade dengan produk yang berbahaya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan meminta masyarakat selektif memilih produk makanan melamin. Jangan mudah tergiur produk plastik sintetis murah.

“Produk melamin ada yang food grade juga, yang aman untuk manusia,” kata Kepala BPOM, Husniah Rubiana Thamrin Akib, dalam jumpa pers di kantornya, Senin 1 Juni 2009.

Husniah mengatakan memang sulit membedakan produk melamin food grade dengan produk yang berbahaya. Ia hanya menyarankan masyakarat tak mudah tergiur produk melamin murah. Ia menyarankan masyarakat membeli produk plastik sintetis itu di supermarket yang terpercaya.

Produk melamin yang buruk berpotensi melepaskan formalin saat digunakan untuk mewadahi makanan panas, berair dan asam. Secara tak sadar formalin kemudian masuk ke tubuh manusia melalui makanan tersebut.

Formalin yang masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu fungsi sel. Dalam jangka pendek konsumsi makanan mengandung formalin mengakibatkan sakit seperti muntah, diare, dan kencing darah. “Jangka panjang, akumulasi formalin berlebihan di dalam tubuh berpotensi menyebabkan kanker dan ginjal,” kata ujarnya.

BPOM menemukan 30 dari 62 sampel produk perlatan makan melamin yang diuji berpotensi melepas formalin. Sebab itu BPOM akan berkoordinasi dengan Departemen Perindustrian dan Perdagangan untuk memperketat pengawasan impor produk melamin terutama dari China. “Mayoritas produk melamin berbahaya produk impor.”

Bagi masyarakat ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kelayakan produk melamin dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen BPOM dengan nomor telepon 021-4263333 dan 021-32199000. Bisa juga mengirim email ke ulpk@pom.go.id atau ulpkbadanpom@yahoo.com.

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Leave A Reply

Your email address will not be published.