Take a fresh look at your lifestyle.

Berikut Alasan mengapa piring melamin tidak bisa di microwave

0 0

Alasan mengapa #piring #melamin tidak bisa di-microwave adalah karena gelombang panas microwave bisa menembus kebanyakan wadah dari bahan plastik dan memanaskan isi yang ada di dalamnya. Wadah melamin sebaliknya mempunyai karakter sebagai penyerap gelombang panas di dalam microwave.

Getaran gelombang microwave akan menyebabkan wadah melamine menjadi panas. Gelombang dari microwave yang dimaksudkan untuk memanaskan makanan akan terserap ke wadah melamin dan hanya menyisakan sedikit saja energi untuk memanaskan makanan.

Hal ini bisa dengan mudah dipraktekan. Ambil saja sebuah piring melamin dan gunakan untuk memanaskan makanan. Makanan akan menjadi panas, tapi piring melamin tersebut juga akan menjadi sangat panas. Hati2 untuk menggukan sarung tangan ketika mengeluarkannya dari #microwave.

Suhu pada wadah melamin bisa jauh lebih tinggi dari suhu makanan. Suhu makanan tidak akan melampaui 100°C, karena diatas suhu ini molekul air akan mendidih dan mulai berubah menjadi uap air. Lain halnya dengan wadah melamin. Semakin lama dipanaskan suhu akan semakin naik dan bisa mencapai 260°C.

Wadah melamin yang dipanaskan terlalu lama di dalam microwave bisa pecah karena terlalu panas. Melamin adalah bahan thermoset yang setelah diproses membentuk suatu wadah tidak bisa dilelehkan kembali seperti plastik pada umumnya. Yang terjadi pertama-tama adalah pemuaian akibat panas yang mengakibatkan tekanan yang tinggi di pinggiran wadah. Pemuaian yang lebih besar pada pinggiran dibandingkan pemuaian pada bagian tengah wadah menyebabkan tekanan yang tidak seimbang. Hal ini akan membuat piring retak atau pecah pada suhu tertentu.

Sumber : http://glorimelamine.com/melamine/mengapa-piring-melamin-tidak-bisa-di-microwave/

Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time

Leave A Reply

Your email address will not be published.